Persiapan Bisnis Konter Pulsa: Pemula Wajib Tahu! - MARKET PULSA™

Persiapan Bisnis Konter Pulsa: Pemula Wajib Tahu!

Kalau Anda bertanya bisnis apa yang punya prospek cerah ke depannya? Salah satunya yaitu bisnis konter pulsa. Sebelum memulai bisnis, Anda pastinya perlu tahu dulu apa saja persiapan bisnis konter pulsa yang perlu Anda siapkan lebih awal.


Persiapan Bisnis Konter Pulsa: Pemula Wajib Tahu!

Untuk memulai bisnis konter pulsa sebenarnya cukup mudah. Dengan modal yang Anda miliki Anda bisa menentukan mau membuat konter pulsa berskala besar dan lengkap atau berskala kecil. Persiapannya juga tidak jauh berbeda, berikut ulasannya hanya untuk Anda.


1. Menemukan Supplier yang Tepat

Membuka bisnis konter pulsa pastinya Anda harus terlebih dahulu menemukan supplier atau distributor pulsa yang terpercaya dan profesional.

Cara memulai usaha jualan pulsa ini dengan melakukan riset kecil-kecilan, Anda perlu mensurvei beberapa distributor dan menilai di antara distributor tersebut mana yang paling tepat untuk menjadi mitra bisnis konter pulsa Anda. 

Jangan hanya memilih berdasarkan harga murah yang ditawarkan. Tapi, liat juga cara pelayanannya, support serta kecepatan transfer saldo pulsa. Hal ini untuk menjamin bisnis Anda berjalan lancar tanpa ada kendala. Walaupun harga yang ditawarkan distributor tidak jauh berbeda, Anda harus jeli mengecek soal sistem pelayanan yang ditawarkan.

Beberapa poin yang perlu Anda perhatikan saat persiapan bisnis konter pulsa terutama dalam memilih distributor pulsa yaitu:

  • Memiliki sistem pelayanan 24 jam. Sistem ini untuk mengantisipasi kendala-kendala saat transaksi penjualan pulsa.
  • Terdapat customer service yang bisa Anda hubungi untuk meminta dukungan saat terjadi masalah.
  • Punya stok pulsa lengkap dari semua jenis provider. Semakin lengkap barang jualan tentunya akan menarik banyak konsumen.

2. Memilih Lokasi yang Strategis

Penting untuk memilih lokasi yang strategis saat memulai bisnis jualan produk, begitu pun konter pulsa. Beberapa poin yang perlu Anda pertimbangkan dalam persiapan bisnis konter pulsa terkait pemilihan lokasi konter di antaranya:

  • Dekat dengan pusat keramaian. Seperti sekolah, kampus, jalan raya, pasar, rumah sakit, stasiun, terminal bus, dan lain sebagainya.
  • Selain pusat keramaian, alternatif lain dalam memilih lokasi yaitu dengan membangun konter pulsa di sekitaran area yang masyarakatnya konsumtif dengan pulsa. Seperti di dekat kost-kostan atau asrama.
  • Jika lokasi rumah Anda banyak dilalui warga sekitar dan jadi jalur alternatif para pejalan kaki maka membangun konter di depan rumah juga jadi ide yang bagus.

Dengan lokasi yang tepat, orang dengan mudah akan menemukan tempat bisnis Anda saat mencari konter pulsa terdekat.


3. Menyiapkan Peralatan dan Perlengkapan Konter Pulsa

Persiapan bisnis konter pulsa selanjutnya yaitu dengan menyiapkan peralatan dan perlengkapan konter pulsa. 

  • Handphone. Anda bisa siapkan beberapa untuk kebutuhan pengisian saldo pulsa, tidak perlu HP yang up to date, HP jadul juga tetap bisa digunakan.
  • Etalase konter. Di pasaran tersedia baru maupun bekas tinggal Anda sesuaikan dengan budget yang ada.
  • Rak display yang diperuntukkan bagi Anda yang ingin sekalian menjual aksesoris HP. 
  • Kursi display untuk memajang kartu perdana dan handphone agar mudah terlihat oleh konsumen.
  • SIM micro cutter yang digunakan untuk memotong SIM card saat kebesaran.
  • Spanduk /banner untuk kebutuhan promosi dan media pengenalan konter pulsa kamu pada para calon konsumen.

Kelengkapan konter pulsa tentunya ditentukan dari besarnya skala bisnis yang akan Anda mulai. Semakin banyak produk yang ingin dijual tentu akan membutuhkan tempat konter pulsa yang lebih luas dan peralatan yang memadai.

Persiapan bisnis konter pulsa penting untuk Anda lakukan sebelum resmi memulai bisnis pulsa Anda. Semakin bagus persiapan yang Anda lakukan maka semakin mudah bagi Anda untuk menyusun strategi pemasaran untuk menarik minat pembeli. Selamat berbisnis!

0 Response to "Persiapan Bisnis Konter Pulsa: Pemula Wajib Tahu!"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.